Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✓✓ Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Setelah sebelumnya kita membahas Perusahaan Penjaminan Infrastruktur, sekarang kita akan membahas tentang contoh perusahaan pembiayaan infrastruktur di Indonesia. Apakah sobat infra sudah mengetahui tentang Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur ini?

Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur



Kita akan membahas mengenai contoh perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan infrastruktur di artikel ini, jadi stay tune ya.

Pengertian

Jadi, Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur merupakan badan usaha yang dibentuk untuk memberikan pembiayaan atau dana kepada proyek-proyek infrastruktur.​

Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur


Untuk menambah pengetahuan atau for your information ada pula Perusahaan pembiayaan, jadi perusahaan pembiayaan ini merupakan badan usaha yang kegiatannya adalah Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang, Pembiayaan Konsumen dan atau Usaha Kartu Kredit.

Contoh mudahnya adalah perusahaan leasing seperti yang kita kenal.

Perbedaannya cukup jelas ya disini, kalau Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur khusus membiayai proyek-proyek infrastruktur, kalau perusahaan pembiayaan banyak scope yang dibiayai.

Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Contoh perusahaan ini di Indonesia adalah PT SMI (PT Sarana Multi Infrastruktur), yang merupakan perusahaan milik negara, 100% sahamnya milik pemerintah dan berada dibawah kementerian keuangan.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya dalam artikel berjudul Perusahaan Penjaminan Infrastruktur.

Jadi, selain memberikan Penjaminan, PT SMI juga memberikan Pembiayaan terhadap infrastruktur di Indonesia.

Agar penyediaan infrastruktur untuk masyarakat di Indonesia tetap berjalan sesuai dengan program jangka menengah dan jangka panjang negara.

Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur


Contoh Perusahaan pembiayaan infrastruktur yang lain adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh beberapa perusahaan BUMN yang dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN, disebut juga sebagai BUMN fund.

Nama perusahaan patungan tersebut adalah PT Bandha Investasi, yang merupakan patungan dari perusahaan BUMN yaitu Asuransi Jasindo, ASABRI, Jasa Raharja, Taspen, Askrindo, Jamkrindo, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dan PT Danareksa.

Fungsi perusahaan tersebut adalah sama-sama untuk mendukung program pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Dengan peran utamanya adalah menghubungkan antara kebutuhan dana untuk proyek infrastruktur dengan para investor baik berupa perusahaan Swasta maupun BUMN.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut mungkin beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Sobat infra mengenai contoh perusahaan yang melakukan pembiayaan infrastruktur di Indonesia.

Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Bagaimana perusahaan pembiayaan infrastruktur membiayai kegiatannya?

Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur bisa mendapatkan sumber dana dengan menerbitkan surat-surat berharga, pinjaman jangka menengah dan atau jangka panjang yang bersumber dari Pemerintah Republik Indonesia, pemerintah asing, organisasi multilateral, bank dan/atau lembaga keuangan lainnya.

Jadi pembiayaan ini akan banyak opsi sehingga mempunyai fleksibilitas yang tinggi dalam menunjang kegiatan usaha perusahaan ini.

Peraturan apa yang mengatur perusahaan pembiayaan infrastruktur?

Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 100/PMK.010/2009 tentang Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur. Di dalam peraturan tersebut diatur bagaimana suatu badan usaha bisa mengajukan sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, syarat lengkapnya, prosedur lengkap dan lain sebagainya.

Selengkapnya mengenai peraturan tersebut dapat diunduh di situs OJK disini.

Bisa juga dilihat di bawah ini.

Penutup

Berikut ini contoh skema pembiayaan infrastruktur di Indonesia, video diambil dari YouTube Channel CNBC Indonesia.



Demikian mengenai Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia. Apakah ada perusahaan pembiayaan infrastruktur yang lainnya? Jika sobat infra mengetahuinya, silakan tulis di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "✓✓ Contoh Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur"